Tentang Penulis

mister-handsome-tooRaden Kusdaryoko Tjokrosutiksno merupakan alumni Program Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Lahir di Banjarnegara, 28 Oktober. Menyukai kegiatan sastra dan drama, baik tulis maupun pentas. Beberapa puisinya ada yang terhimpun dalam antologi bersama: “Kenduri Seni” (Teater Peron FKIP UNS, 1994), “Nyanyian Perjalanan” (FKIP UNS, 1995), dan “Jantera Terkasa” (Taman Budaya Jawa Tengah di Surakarta, 1998). Pernah meraih Juara I Lomba Cipta Puisi Dies Natalis UNS XX, 1996.

Karya Tulisnya yang berjudul “Internalisasi Nilai Budaya Jawa Melalui Tokoh Pak Mantri dalam Novel Pasar Karya Kuntowijoyo”, menjadi Pemenang Lomba Mengulas Karya Sastra Departemen Pendidikan Nasional, tahun 2007.

Bersama blog ini, ia berhasil menjadi Pemenang ke-6 pada Lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan tingkat nasional, dalam rangka Bulan Bahasa dan Sastra tahun 2011,  yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud, Jakarta. Pada tahun berikutnya (2012) berhasil menaikkan peringkat menjadi Pemenang ke-3 pada Lomba Blog Kebahasaan dan Kesastraan tingkat nasional, yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud, Jakarta.

Dalam bidang drama, pernah aktif di Teater Peron FKIP UNS (1990-1997), Kelompok Tonil Klosed Surakarta (1998-1999). Di samping itu pernah melatih kegiatan pada Study Teater SMAN 3 Surakarta (1995-1998), Teater Ganesha SMAN 1 Purbalingga (1999-2002), dan Teater Puncak SMAN 1 Purwareja Klampok Banjarnegara (2001-2003). Terakhir, terlibat pada pementasan teater Bengkel Anak Bangsa Purbalingga.

Sekarang menjadi guru Bahasa Indonesia di MAN 2 Banjarnegara.

74 comments on “Tentang Penulis

  1. Selamat Pagi…
    Tidak sengaja menemukan blog ini, Pak Tjokro.
    Senang rasanya melihat guru yang aktif seperti Bapak, masih mau meluangkan waktu untuk sesuatu yang diluar pekerjaannnya.
    Suatu saat saya berharap bisa “ngobrol” bersama, Banjarnegara masih “adem” kan Pak?

  2. Asssalamualaikum….
    Gimana kabar Pak…? Masih ingatkah saya pak.. Heeee
    keren Pak… Oh iya, gimana MAN 2… semakin horas kan Pak…

  3. Lama nian dikau tak kutemukan. Ternyata …, Awas kalo tidak sowan ke rumahku. Banjarnegara bukanlah tempat yang jauh dari kotaku

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, mas Raden..

    Alhamdulillah, bisa sampai juga ke ruang ini untuk mengucapkan terima kasih atas kunjungan lalu. maaf baru punya kesempatan membalasnya atas kesibukan masa kebelakangan ini walau aktif menulis di blog sendiri.

    Salam kenal dan senang dapat mengenali mas Raden yang ternyata orang yang punya kemahiran dalam bahasa. tentu sekali memberi manfaat bagi pembaca yang ingin menimba ilmu dalam bidang penulisan bahasa dan sastera.

    Semoga akan terus berbagi untuk peningkatan ilmu yang bisa mencerahkan minda dan menjernihakan jiwa.

    Salam hormat dari Sarikei, Sarawak.😀

  5. Wa’alaikumsalam Wr. Wb…

    Alhamdulillah, senang sekali rasanya mendapatkan kunjungan saudara dari Malaysia. Mudah-mudahan senantiasa terjalin silaturahmi keilmuan di antara kita.

    Salam kenal kembali, saya juga senang dengan tulisan-tulisan Mbak yang penuh kajian mendalam, sehingga mampu mencerahkan jiwa dan memberikan suntikan semangat untuk terus berkarya.

    Salam hornat pula untuk saudaraku di Sarikei, Sarawak..

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb…

  6. Salam kenal Pak Raden Kusdaryoko Tjokrosutiksno, saya juga asli Banjarnegara lho Pak….
    Blog Bapak bagus,…. Terima kasih sudah berbagi.
    Izin copaz image “yuk menulis” ya Pak….

    • Salam kenal juga Jeng Asih. Silakan kalau mau copas tapi mohon kaidah pengutipan tetap dipertahankan dengan menyebutkan sumber atau penulisnya. Terima kasih atas atensi Jeng Asih.

  7. Wa’alaikumsalam Wr. Wb….

    Alhamdulillah, sesama alumni bisa bertemu di dunia maya. Saya kembali ke tanah kelahiran, Mbak. Meski dulu sempat mengadu nasib di Solo.

    Salam kenal kembali, terima kasih atas kunjungannya.

  8. Ping-balik: Catatan Sawali Tuhusetya

    • Wa’alaikumsalam…

      Alhamdulillah, akhirnya bisa terjalin lagi silaturahmi dengan Mas Yusuf Amin Nugroho. Semoga selalu mendapat kesuksesan dalam setiap langkah kebaikan…

  9. Salam kenal Raden, saya kagum sekali dengan blog njenengan, moga-moga sering singgah di sini. Terima kasih, salam dari Bojonegoro.

    • Salam kenal kembali Mas Riwanto. Semakin bertambah kenalan kan makin luas jalinan silaturahminya…
      Terima kasih atas kunjungannya, semoga akan terus berlanjut.

  10. Assalamu’alaikum, mas Raden.
    Salam kenal ya. Senang rasanya bisa bersahabat dengan sampeyan yang membawa spirit menebar kata menuai makna melalui dunia maya. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

    • Wa’alaikumsalam Wr. Wb…

      Senang berkenalan dan bersahabat dengan Mas Iwan, meski baru sebatas di dunia maya. Tulisan-tulisan Mas Iwan pun penuh spirit dengan membidik berbagai permasalahan di sekitar kita. Mudah-mudahan kita bisa menebarkan manfaat bagi semua.

      Terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya…

  11. kepada ruang imaji.
    Ketika saya lagi sumpek, karena sudah sebulan lebih laptop saya rusak dan tak terselamatkan, tiba-tiba ada SMS dari Ruang imaji. Seketika itu hati saya gembira campur risau. Gembira karena ada perhatian dari dunia maya sana, risau karena saya tak punya lagi komputer. pinjam komputer KUD besoknya semua karyawannya marah-marah walaupun tidak terang-terangan, karena komputer di KUD diserang virus. Dan kemarin itu orang terakhir yang memakai adalah saya. UNtuk menghibur diri saya menelpon Anda lewat HP, menurut nomor di SMS dari anda tetapi sampai sekarang tidak nyambung. Lalu dengan komputer butut yang sering di kanibal oleh montir komputer saya mencoba menghubungi anda . saya harap berhasil.

    • Alhamdulillah, saya senang mengetahui bahwa silaturahmi kita masih terus berlanjut meski adanya beberapa kendala. Mohon maaf bila waktu Bapak telepon tidak nyambung, barangkali saat itu sinyal di tempat saya sedang tidak kompromi karena hujan deras yang terus mengguyur.

      Mengenai komputer, saya turut prihatin Pak. Mudah-mudahan masalah tersebut bisa segera teratasi. Atau sementara bila Bapak berkenan, ide-ide Bapak ditulis manual saja dulu, kemudian Bapak kirim ke saya. Insya Allah akan saya kirim kembali setelah saya ketik.

  12. Keikhlasan anda membantu saya sangat membuat saya gembira dan menimbulkan gagasan baru, yaitu suatu saat saya akan meminta bantuan anda meng-edit tulisan saya dan sekalian dengan kritiknya yang telak, tujuannya agar saya bertambah baik dalam menulis. Untuk saat ini saya sudah mempunyai komputer butut yang agaknya bisa saya pakai untuk latihan menulis dan berkomunikasi lewat dunia maya. Tetapi biar butut ongkos reparasinya Rp 800.000,- rupiah. itupun saya masih harus membeli monitor baru (belum terbeli) karena internetlah hiburan saya di hari tua ini (70 tahun) Sekian berita dari saya. oldman Bintang Rina.

    • Terima kasih atas kepercayaan Bapak, insya Allah saya akan berusaha membantu sebatas kemampuan saya. Yang penting kreativitas dalam mengolah ide harus tetap berjalan.

      Masalah komputer, agak mirip dengan yang saya alami. Laptop jadul saya pun saat ini sedang bermasalah cukup berat, sehingga harus “opname” di rumah teman yang saya mintai bantuan mereparasi. Alhamdulillah, di samping mengajar saya bertugas pula di perpustakaan, jadi sambil melayani pemustaka saya bisa menggunakan fasilitas komputer yang ada. Toh, ini juga dalam rangka mewujudkan kreativitas untuk memancing para siswa agar gemar menulis selain membaca.

      Mudah-mudahan Bapak senantiasa mendapatkan kesehatan, sehingga bisa terus menebarkan manfaat di bidang tulis-menulis ini.

    • Wa’alaikumsalam Wr. Wb….

      Alhamdulillah Mas Haris, akhirnya terjalin lagi silaturahmi setelah sekian lama. Mudah-mudahan Mas Haris sukses pula selalu.

      Kalau lihat fotonya, kelihatan ayem…

  13. Salam kenal Bapak…
    alhamdulillah senang berkunjung ke sini… ke blog seorang guru yang tetap aktif menulis🙂
    salam kenal dari ananda di Padang pak🙂

  14. Kreativitasmu tak kunjung padam, bangga aku punya sahabat sepertimu, walau 19 tahun gak ketemu, ingat saat engkau bermain drama mata kuliah Pak Waluyo, menjadi tokoh sang Burisrowo. Selamat Mas!

    • Alhamdulillah…. tak ada angin tak ada badai, eh kedatangan tamu istimewa, sahabat lama dari Magetan. Semoga senantiasa sehat. Syukurlah kalau masih ingat, foto kita saat di Jakarta juga masih kusimpan lho…

  15. Assalamu’alaikum wr.wb…

    Kangen dengan blog ruang imaji, dan meski telat, saya mengucapkan selamat ya mas utk semua prestasi ruang imaji dalam berbagai lomba yang diikuti. Selamat utk terus berkarya dan berprestasi…

    Salam dari Dompu-NTB

    • Wa’alaikumsalam Wr. Wb…
      Terima kasih Pak, atas segalanya. Semoga silaturahmi kita bisa terus berlanjut. Saya sudah menyempatkan berkunjung ke blog Bapak, namun agak ragu. Apakah ada perubahan dengan blog Bapak yang lama?

      • Assalamu’alaikum wr wb…

        Iya betul, blog saya yang lama akunnya kena suspend, tidak bisa lagi diakses mas, saya tidak menghubungi WP apa alasannya tapi saya yakin pasti ada pelanggaran TOS yang tidak saya sengaja. Terima kasih mas sudah membalas komentar saya. Oh ya, silaturrahmi kita hrs terus berlanjut mas biar pahala juga terus mengalir, aamiin.

    • Wa’alaikumsalam Wr. Wb…

      Terima kasih telah mampir di blog sederhana ini, semoga bisa terjalin silaturahmi keilmuan yang bermanfaat.

      Salam selalu…🙂

  16. Maaf mau tanya, aku barusan baca blog Anda tentang EYD.

    Kalau misal nonkeuangan jika ditulis huruf balok semua apakah sama “NONKEUANGAN” atau perlu pemisah (-) seperti “NON-KEUANGAN” dan jika ditulis dalam English yang benar yang mana : 1. nonfinancial; 2. non-financial; 3. NON-FINANCIAL
    Mohon penjelasannya Mas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s