6 comments on “Pembelajaran Drama di Sekolah

  1. Sekolah kita kebanyakan kan emang gitu Pak, banyak teori minim praktik. Pendapat saya, untuk mengajarkan drama di sekolah dan agar siswa benar-benar mampu menjiwai cerita yang mereka pentaskan, menyerahkan ke guru BI sepertinya kurang maksimal. Kecuali guru BI tersebut emang punya latar belakang teater. Kalau misalnya pelajaran BI mengundang orang teater dalam mengajarkan drama, semacam guru bantu, emang gak boleh ya Pak?

    • Tentu saja boleh kok. Namun, pihak sekolah atau kita mestinya menyediakan sekedar penghapus keringat untuk mereka. Sebenarnya cara yang ideal adalah membekali para pengajar Bahasa Indonesia untuk menguasai materi drama secara teori dan praktik. Paling tidak ya materi dasar saja dulu. Yang penting ada kesungguhan untuk berusaha, insya Allah akan mendapat kemudahan.

  2. Pada kenyataan di lapangan, sangat sulit menemukan guru bahasa Indonesia yang menguasai pula materi drama secara teori dan praktik sekaligus. Bahkan tidak hanya pada drama, begitu pula pada pembacaan dan penulisan puisi, cerpen, maupun kesastraan yang lain. Akibatnya, minat siswa pun menjadi berkurang.

    • Memang kenyataan di lapangan seperti itu meski tidak sepenuhnya benar. Tentu selalu ada yang pula yang mau memperluas ilmu agar aktivitas dan kreativitasnya mengalami perkembangan. Setidaknya kita akan mengalami kepuasan tersendiri bila mampu memberikan yang terbaik bagi anak didik.

      Itulah sebabnya, dalam tulisan di atas saya sertakan alternatif upaya yang barangkali dapat dimanfaatkan.

      Terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya, semoga sukses selalu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s