8 comments on “Internalisasi Nilai Budaya Jawa melalui Tokoh Pak Mantri dalam Novel Pasar Karya Kuntowijoyo

  1. Pak Mantri sangat suka dengan burung-burungnya. Apakah burung-burung itu merupakan sebuah simbol? Adakah makna yang tersirat dan tersurat dari burung-burung itu? Kemudian, apakah makna lain selain “nilai budaya Jawa” dalam novel tersebut?
    Hehehe……
    Maaf jika pertanyaan saya banyak ya, Pak?

    • Asyik juga nih dapat pertanyaan yang “lumayan bertubi-tubi”. Mengenai burung, dalam budaya Jawa kan ada beberapa hal yang biasa dimiliki kaum lelaki zaman dulu agar diakui sebagai “laki-laki”, antara lain harta, wanita, turangga (kuda, kendaraan), dan kukila (burung). Tentu saja ada makna yang tersurat maupun tersirat. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, coba baca novel Pasar karya Kuntowijoyo. Oke..?!

  2. Bapak, untuk menentukan nilai budaya selain yang tersurat pada buku adakah rujukan khusus yang mengulas tentang macam dan teori budaya Jawa?

    • Bila untuk kajian teori, rujukan yang kita gunakan tentunya mengacu pada buku-buku yang relevan. Buku yang mengulas nilai-nilai budaya sudah banyak diterbitkan kok. Di samping itu, kita bisa pula melakukan interview dengan narasumber yang telah diakui eksistensinya dalam bidang tersebut.

      Terima kasih atas kunjungan Mbak Andhika…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s